Setelah runtuhnya sistem demokrasi langsung di Yunani , muncul sistem monarki absolut. Sistem ini memberi kekuasaan yang sangat besar bagi raja untuk bertindak sesukanya dan mengakibatkan penderitaan masyarakat. Pada abad 19 M hingga awal abad 20 M, muncul usaha-usaha membatasi kekuasaan penguasa agar tidak mengarah ke kekuasaan absolut telah memunculkan ajaran rule of law. Ajaran ini menegaskan bahwa yang berdaulat dalam suatu Negara adalah hukum, baik rakyat biasa atau penguasa wajib tunduk pada hukum. Diberlakukannya ajaran ini untu menghindari tindakan sewenang-wenang penguasa.
Unsur-unsur rule of law:
  • Berlakunya supremasi hukum (hukum berada pada kedudukan tertinggi; semua orang tunduk pada hukum).
  • Perlakuan yang sama di depan hukum bagi setiap warga Negara.
  • Terlindungnya HAM oleh Undang-Undang Dasar dan keputusan pengadilan.
Syarat-syarat Negara demokrasi:
a. Perlindungan secara konstitusional atas hak-hak warga Negara, berarti hak-hak warga Negara itu dilindungi oleh konstitusi atau UUD.
b. Badan kehakiman atau peradilan yang bebas dan tidak memihak, artinya badan atau lembaga itu tidak dapat dicampurtangani oleh pemerintah dan lembaga manapun. Tujuannya untuk mencapai keadilan.
c. Pemilu yang bebas, artinya pemilu yang dilakukan sesuai dengan hati nurani tanpa tekanan atau paksaan dari pihak manapun.
d. Kebebasan untuk menyatakan pendapat, adalah kebebasan warga Negara untuk menyatakan pendapatnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara baik secara lisan maupun tulisan.
e. Kebebasan untuk berorganisasi, adalah kebebasan warga Negara untuk menjadi anggota organisasi politik atau organisasi kemasyarakatan. Kebebasan beroposisi, adalah kebebasan untuk mengambil posisi diluar pemerintahan serta melakukan control atau kritik terhadap kebijakan pemerintah.
f. Pendidikan kewarganegaraan, maksudnya agar warga Negara mengetahui apa saja hak dan kewajibannya sebagai warga Negara, serta mampu menunjukkan partisipasinya dalam kehidupan bernegara.

Artikel Terkait:

Categories:

0 comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika tertarik dengan artikel ini. Berikan saran yang membangun jika ada kekurangan. Dilarang menggunakan bahasa kasar yang menyinggung orang lain!