Pembentukan BPUPKI

suasana sidang bpupki
 Pada tanggal 7 September 1945, Jenderal Kuniaki Koiso memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia. Tujuannya agar mendapat simpati warga Indonesia untuk membantu Jepang dalam perang Pasifik. Pemerintah pendudukan Jepang melalui Jenderal Besar Kumakichi Harada mengumumkan pembentukan BPUPKI pada 1 Maret 1945. Dalam peresmian BPUPKI diadakan upacara pengibaran bendera Hinomaru  oleh Mr. A. G. Pringgodigdo sedangkan bendera merah putih dikibarkan oleh Toyohito Masuda. Tugas BPUPKI adalah mempelajari dan menyelidiki segala hal yang menyangkut pembentukan Negara Indonesia.
Anggota BPUPKI berjumlah 67 orang Indonesia ditambah 7 orang Jepang dan diketuai oleh dr. K. R. T. Wedyodiningrat dibantu dua ketua muda, yaitu R. P. Suroso dan Ichibangase. Anggota BPUPKI dilantik pada 28 april 1945 di gedung Chuo Sangi In di jalan Pejambon, Jakarta (sekarang gedung kemenlu). Selama tugas, BPUPKI mengadakan dua kali sidang.
Author: Angga Krismawan
Angga Krismawan sekarang adalah seorang pelajar kelas 3 SMP. Hobi banget main badminton. Ngeblog ini sebenarnya hanya untuk senang-senang

0 comments:

Silahkan berkomentar jika tertarik dengan artikel ini. Berikan saran yang membangun jika ada kekurangan. Dilarang menggunakan bahasa kasar yang menyinggung orang lain!